Sepatu sneaker adalah salah satu jenis sepatu yang paling banyak digemari di semua kalangan. Bukan hanya untuk sekolah atau kampus, tapi juga hangout bahkan bekerja. Dipakai untuk acara casual sampai formal. Banyaknya produk sepatu yang ada hingga saat ini, berikut sepatu sneakers yang disebut sebagai sneaker ikonik sepanjang masa:

1917- Converse All Star

Juga dikenal sebagai sepatu Converse Chuck Taylor (diambil dari nama penjual Converse legendaris Chuck H. Taylor), ini adalah salah satu sepatu kets tertua dan yang pertama memiliki label ‘Sepatu Basket’. Faktanya, 98 tahun setelah dirilis, sepatu ini tetap menjadi sepatu paling populer di kelasnya. Sepatu ini populer karena desainnya yang sederhana, kenyamanan yang diberikan, dan daya tahannya. Tersedia dalam bahan kanvas dan atasan tinggi kulit, All Star yang khas mudah dikenali dari ankle patch Chuck Taylor. Hampir semua orang mempunyai sepatu ini, karena ketenarannya. Sepatu yang juga sering digunakan oleh anak-anak sekolah ini seakan tak pernah dimakan zaman.

1969: Adidas Superstar

Sejak tahun 1920-an, adidas telah mengukuhkan namanya sebagai merek teratas untuk sepatu track. Namun, ketika Superstar memulai debutnya pada tahun 1969, sepatu ini tidak hanya untuk pemain basket tetapi sudah berubah menjadi lifestyle. Didesain lowtop Sepatu ini banyak digunakan untuk OOTD di instagram oleh kalangan anak muda.

1982: Nike Air Force 1

nike air force 1

Nike Air Force 1 tidak perlu diperkenalkan ketika berbicara tentang sepatu kets klasik. Sneaker itu dimodelkan dari pesawat ikonik yang digunakan oleh presiden AS. Ini dianggap sebagai sepatu pertama yang diberi label sneaker retro dan yang pertama juga menampilkan Cupsole revolusioner Nike. Ada banyak penghargaan yang telah diberikan kepada Nike Air Force 1.Desainnya yang sederhana jadi salah satu faktor yang bikin sneakers ini jadi favorit para sneakerhead.

1987: Nike Air Max 1

nike air max 1

Era baru dalam dunia sepatu lari dimulai ketika Nike meluncurkan Air Max 1, sepatu pertama yang menunjukkan teknologi revolusioner yang telah digunakan merek tersebut selama bertahun-tahun. Desain inovatif ini juga sangat berani, penciptanya Tinker Hatfield. Modelnya dianggap futuristis dan cocok dipadukan dengan banyak jenis pakaian. Salah satu hal yang paling ikonis dari sneakers ini adalah sol Nike Air yang tembus pandang di bagian midsole. Pilihan warnanya pun banyak banget. Selain itu, Nike terus memperbarui teknologi baru ke model Air Max. Misalnya aja teknologi Flyknit dan Lunarlon.

1988: New Balance 574

new balance 574

New Balance dikenal dengan inovasinya ketika muncul 574 baru yang menampilkan midsole ENCAP. Sepatu hybrid yang dibuat dari sisa-sisa New Balance 576, sepatu ini memiliki tampilan dan nuansa retro sejati, menggabungkan suede dan mesh, dan kini tersedia dalam lebih dari 80 warna. Alhasil, 574 dipandang sebagai sepatu retro paling tahan lama untuk pria dari New Balance.

1966: Onitsuka Tiger Mexico 66

sepatu ikonik © 2016 cnn.com

Tidak banyak sepatu kets yang memiliki reputasi dinobatkan sebagai turnamen, terutama yang memiliki prestise Olimpiade. Namun, Onitsuka Tiger Mexico 66 dinamai demikian karena merupakan sneaker pilihan untuk Olimpiade 1966. Mereka dibuat khusus untuk acara itu dan, dengan demikian, menjadikannya sebagai barang kolektor sejati. Sneakers ini jadi “Godfather”-nya sneakers lari modern karena mempunyai pesonanya sendiri.

1966: Vans Authentic

7 Model Sneaker yang Tak Lekang Oleh Waktu (2)

Di tengah banyaknya merek yang menembus pasar mainstream lewat olahraga sepak bola atau basket, Vans mengambil jalur berbeda. Vans tetap setia pada dunia skateboard dengan gaya klasiknya. Salah satu yang menjadi ikon sneakers Vans adalah outsole-nya yang memiliki desain waffle. Modelnya yang sederhana membuat  Vans tetap jadi favorit sneakerhead di seluruh dunia.

1968: Puma Suede

7 Model Sneaker yang Tak Lekang Oleh Waktu (5)

Saat merek lain banyak memakai bahan kanvas dan kulit sebagai pililhan untuk sneaker-nya, Puma berani tampil beda dengan meluncurkan bahan suede pada tahun 1968. Lalu pada tahun 1990, sepatu ini kembali dirils dengan pilihan warna menarik bagi para penggemar.

 

 

WhatsApp chat