Saat musim hujan tiba, genangan air dan cipratan hujan deras sepanjang jalan membuat sepatu jadi basah dan kotor. Bila tidak segera dibersihkan, hal ini bisa menimbulkan jamur dan bau sehingga dapat menyebabkan sepatu menjadi cepat rusak. Berikut cara-cara untuk menyimpan/merawat sepatu saat basah karena hujan:

  • Sepatu Yang Basah

1. Koran adalah Sahabat terbaikmu

Untuk sepatu yang hanya basah tapi tidak kotor, ini solusi tercepat. Gulung beberapa koran bekas dan masukkan ke dalam sepatu. Ini akan memastikan kertas menyerap air di dalamnya dan mempertahankan bentuk sepatu saat mengering. Anda mungkin harus mengganti koran sesekali jika terlalu basah. Terakhir, tutupi sepatu dengan koran untuk mengeringkan bagian luarnya juga.

Jika disebabkan oleh banjir, bakteri masih bisa hidup di sepatu Anda jika tidak dibasmi. Setelah sepatu Anda kering, Anda bisa mengoleskan sedikit alkohol ke sepatu Anda. Anda juga bisa meletakkan bedak kaki di dalamnya untuk melawan bau.

2. Ventilasi Pemanas atau Kipas

Jika Anda punya waktu dan perlu mengeringkan sepatu dengan cepat, Anda bisa menggunakan ventilasi pemanas dari kipas untuk mengeringkan sepatu Anda. Anda dapat memilih untuk menggabungkan tips 1 dan menambahkan koran di dalamnya untuk menyerap kelembapan sambil meletakkannya di depan kipas angin listrik atau ventilasi pemanas.

Sekali lagi, pastikan untuk membersihkan dan menghilangkan bau jika diperlukan.

3. Batasi Paparan Sinar Matahari

Kebanyakan orang hanya meletakkan sepatu basah mereka di bawah sinar matahari – yang sebagian benar. Mengeringkan sepatu dengan cara ini mungkin merupakan cara terbaik karena juga dapat menghilangkan bau yang tidak diinginkan. Tetapi membiarkan sepatu Anda mengering di bawah sinar matahari dapat membuat sepatu Anda menjadi kering dan renyah setelahnya. Jika Anda harus, pastikan untuk memperhatikan ini, jika tidak tetap berpegang pada langkah 1 dan 2.

  • Sepatu Basah dan Kotor

Cairan Pencuci Piring + Soda Kue

1. Keluarkan Tali
2. Gunakan kain / tisu basah untuk menghilangkan kotoran yang mudah menempel.
3. Jika masih terdapat kotoran yang membandel, campur ⅓ air, ⅓ cairan pencuci piring (untuk membersihkan), dan ⅓ soda kue (untuk disinfektan tanpa bahan kimia yang keras). Campurkan. Bersiaplah menggunakan sikat gigi untuk kanvas, karet, suede, atau sepatu felt; spons untuk kulit dan jenis sepatu halus lainnya.
4. Celupkan sikat gigi / spons ke dalam larutan dan gosok sepatu dengan lembut.
5. Lap dengan lap / lap basah setelahnya. JANGAN merendam sepatu lebih lama lagi.
6. Biarkan mengering menggunakan instruksi 1 (seperti yang terlihat di atas).

  • Sol / Tali Terlalu Kotor / Bau

Jika sol atau tali sepatu Anda hanya untuk bau atau kotor, cobalah untuk membersihkannya seperti cara diatas. Jika tidak efektif, Anda bisa membeli yang baru. Hampir setiap toko sepatu memiliki stok tersebut. Sol baru akan membuat sepatu Anda bebas dari bakteri kaki dan tali baru dapat membuat sepatu Anda terlihat baru.

  • Tips Tambahan:

1. Selalu Kenakan Kaus Kaki

Kaus kaki penting karena berbagai alasan. Satu, bisa memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Kedua, dapat melindungi kaki dari bakteri / jamur, terutama jika sepatu Anda basah kuyup karena banjir. Cuci saja kaus kaki dengan benar dan pastikan kaki Anda juga dibersihkan secara menyeluruh.

2. Gunakan semprotan pelindung

Ada semprotan yang bisa membuat sepatu Anda tahan air dengan memberinya lapisan pelindung. Ada beberapa merek, seperti CREP, yang menjual semprotan ini. Dengan menggunakan produk ini, Anda bebas berlari di tengah hujan dengan sedikit kekhawatiran akan kotoran dan sejenisnya.

WhatsApp WhatsApp us